Program Doktor Penciptaan dan Pengkajian Seni

Visi

Mengacu kepada visi ISI Yogyakarta  dan Program Pascasarjana sebagai unit pengelola, visi Prodi S-3 adalah menjadi pusat pendidikan tinggi seni jenjang doktor bidang  penciptaan dan pengkajian seni pada tahun 2026 dan menjadi rujukan pendidikan tinggi seni di Asia Tenggara yang unggul, kreatif, dan andal berdasarkan Pancasila demi kemajuan, kedaulatan serta kesejahteraan bangsa Indonesia.

Misi

  1. Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengembangan inovasi pengajaran dengan memanfaatkan keutamaan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan suasana akademik yang kreatif, inovatif, dan interaktif agar dapat menghasilkan sumberdaya akademisi seni yang tidak hanya unggul dalam penguasaan ilmu dan keahlian, profesional, dan mandiri, tetapi juga memiliki integritas, keterbukaan sikap dan pola pikir serta semangat kewirausahaan.
  2. Melaksanakan penelitian dan kegiatan pengabdian pada masyarakat untuk mengembangkan karya ilmiah/produk seni yang inovatif berbasis pada potensi budaya bangsa guna meningkatkan daya saing kreatif industri nasional dalam lingkup regional dan global.

Tujuan

Menghasilkan intelektual yang berkemampuan inovatif-produktif sebagai kreator dan peneliti.

  1. Memiliki sikap kritis dan berwawasan luas dalam penciptaan dan pengkajian seni sesuai dengan kebutuhan stake holder.
  2. Memiliki kompetensi dalam mengkreasi karya seni yang inovatif, atau temuan saintifik yang memiliki kontribusi bagi masyarakat sesuai tuntutan zaman.
  3. Mampu berkompetisi dalam penciptaan dan pengkajian seni di tingkat nasional dan internasional.
  4. Mampu menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas serta karya seni yang kreatif, aplikatif, dan kontekstual.
  5. Mampu menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam penelitian, pameran, dan pergelaran seni.

Sasaran

  1. Mampu menghayati nilai-nilai seni budaya nasional serta merespons gejala kebudayaan pada umumnya yang berkaitan dengan penciptaan dan pengkajian seni untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan.
  2. Menguasai prinsip-prinsip keilmuan agar mampu memecahkan masalah di bidang seni untuk diterapkan dalam aktivitas penciptaan dan pengkajian seni.
  3. 3. Menguasai media dan teknik penciptaan seni sesuai perkembangan seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi untuk menghasilkan karya seni yang kreatif dan inovatif.
  4. Menguasai teori dan metode penelitian sesuai perkembangan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan karya penelitian yang kritis, analitis, dan berwawasan multidisiplin.
  5. Mampu berinteraksi secara interdisiplin untuk memperluas wawasan dan wacana sesuai tuntutan perkembangan zaman.
  • Upcoming Events

    • Penerimaan Mahasiswa Baru Program Doktor

      11 Februari 2019
      14 Juli 2019
      00.00 - 23.59

      Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 Waktu Pendaftaran dan Seleksi Penerimaan Program Doktor Jalur Mandiri dan Beasiswa  Doktor Mandiri BPPDN/BUDI DN Waktu Pendaftaran 11 Februari –...   Read More

    • Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister Gelombang II

      15 April 2019
      14 Juli 2019
      00.00 - 23.59

      Waktu Pendaftaran dan Seleksi Penerimaan Program Magister  Gelombang II  Magister Mandiri BPPDN Afirmasi Beasiswa LPDP Waktu Pendaftaran 15 April – 14 Juli 2019 15...   Read More

    • ICAPAS 2019

      16 Oktober 2019
      17 Oktober 2019
      08.00 - 16.00

      International Conference for Asia Pacific Arts Studies 2019 Art Education in Contemporary Asia Pacific Contemporary challenges to our art education in higher education setting...   Read More

© 2015 Pascasarjana ISI Yogyakarta

Facebook