Panduan Pembuatan Tugas Ujian Untuk MK Teori Seni

PengumumanKomentar Dinonaktifkan pada Panduan Pembuatan Tugas Ujian Untuk MK Teori Seni

Disamping jumlah kehadiran di kelas, keaktivan dalam merespons materi kuliah dan diskusi mingguan, paper akhir semester diperlukan sebagai salah satu komponen penilaian untuk Mata Kuliah Teori Seni.

Untuk itu para peserta MK Teori Seni, sesuai dengan kesepakatan mengenai penugasan,  harus mengumpulkan sebuah Paper Akhir Semester dengan ketentuan sebagaimana yang sudah sering dibicarakan di kelas, sebagai berikut:

  1. Buatlah sebuah paper dalam format penulisan jurnal yang terstandardisasi, misalnya format penulisan paper dan ketentuan tata-tulis JUSA (Journal of Urban Society’ Arts) yang diterbitkan oleh ISI Yogyakarta. (Dapat dilihat secara online)
  2. Jumlah halaman antara 12 – 15 halaman; ukuran font 11 point, dibuat dengan spasi 1,5.
  3. Subjeknya adalah fenomena seni / komunitas seni / innovasi seni (sesuai dengan bidang studi Anda), yang memiliki keunikan atau nilai luar-biasa, serta memiliki relevansi dengan permasalahan aktual zaman sekarang.
  4. Anda dapat mengembangkan paper mid-semester, yang terpenting adalah paper Anda harus ditulis dengan gaya penulisan yang bersifat persuasif.[1] Artinya: ada suatu asumsi /pendapat / pandangan Anda tentang subjek penulisan yang telah Anda amati secara seksama, yang didukung dengan data dan fakta hasil amatan / observasi mendalam, serta argumentasi yang meyakinkan.[2]
  5. Orisinalitas pemikiran dan pendapat Anda harus hadir meyakinkan.[3]
  6. Paper ini harus dicetak dan dibundel, dengan warna sampul orange / jingga, sebagaimana telah disepakati. Disana harus ada ‘judul artikel’, ‘nama mata kuliah’, ‘nama dosen pengampu’, ‘nama Anda’, ‘logo dan nama lembaga tempat Anda studi’, tahun studi.[4]
  7. Di bagian akhir paper, cetakkan juga nama dan foto diri Anda ukuran 4 x 6 cm.
  8. Paper yang telah dibundel harus diserahkan pada hari Kamis (sesuai hari jadwal kuliah), pada minggu kedua masa ujian akhir semester. Paper ditunggu sampai jam 13.00. Diserahkan ke Bagian Akademik PPs ISI Yogyakarta.
  9. Selamat bekerja. Buatlah paper Anda bukan sekedar mencari nilai formal akademik, namun sebagai penghargaan bagi diri untuk hidup lebih berkualitas.
  10. Salam, Sehat, Sukses untuk Anda semua.

Yogyakarta, Pertengahan Desember 2018

Pengampu MK Teori Seni

Prof M Dwi Marianto

[1] Lihat materi perkuliahan tentang 4 macam penulisan: Expository, Descriptive, Persuasive, Narrative Writings.

[2] Perhatikan bagan retorika yang sudah sering dibahas di kelas: piramida terbalik, berisi ethos, logos, dan pathos.

[3] Indahkan materi diskusi tentang bagaimana menilai seni, yang mengandung: deskrispsi, analisis, interpretasi, penilaian.

[4] Mohon diperhatikan agar nama lembaga, nama diri, judul karya seni, dan judul buku acuan jangan sampai keliru.

Comments are closed.

© 2015 Pascasarjana ISI Yogyakarta

Facebook