The 5th International Conference for Asia Pacific Arts Studies

NewsComments Off on The 5th International Conference for Asia Pacific Arts Studies

International Conference for Asia Pacific Studies (ICAPAS) tahun ini masuk penyelenggaraan tahun kelima dengan tema Technologies of Art dengan subtema history and art technologiestools, techniques, designs, protocols; bodies as technologies. ICAPAS kali ini kembali dihelat di Hotel Harper Mangkubumi, Jalan P. Mangkubumi No. 52, Gowongan, Yogyakarta pada tanggal 17 Oktober 2017.  Para pembicara utama adalah Prof. Barbara Bolt dan Dr. Siobhan Jackson dari University of Melbourne (Australia), Dr. Geff Green dari Sheffield Hallam University (Inggris), dan Prof. Made Mantle Hood dari Universiti Putra Malaysia (Malaysia). Tujuan dari konferensi ini adalah menilik ulang pengertian teknologi, yang biasanya terarah pada masa depan dan mengandaikan bahwa ia terus-menerus melaju semakin canggih. Pandangan ini sering mengabaikan sejarah, praktik-praktik kuno, dan kenyataan bahwa teknologi berkembang dengan cara-cara yang tidak pasti. Seni (techne) mengandung ketiga hal di atas dan perlu ikut membicarakan teknologi kontemporer untuk memperluas artinya. Dengan kata lain, pencipta seni dan seniman memiliki pengetahuan yang perlu dibagi satu sama lain dan ke dunia yang lebih luas. Seni rupa memiliki sejarah panjang untuk membangun dan menemukan cara baru untuk melihat dunia. Selama berabad-abad, seni telah mengembangkan teknik dan bahasa, juga musik dan tubuh untuk menjembatani khalayak dan dunia.

Berbagai makalah yang masuk membicarakan topik ini dari berbagai sudut pandang dan praktik seni, seperti lukisan, musik, video, desain, fotografi, dan tari. Dan selain para pembicara utama, hadir pula pemakalah dari berbagai universitas terkemuka di Indonesia dan dari beberapa negara di Asia Tenggara. Selain diskusi dengan para pembicara undangan, para pemakalah berdiskusi dengan para peserta yang datang dari berbagai program pascasarjana di Indonesia. Dipamerkan juga poster-poster hasil penelitian mahasiswa pascasarjana. Di akhir acara diumumkan makalah dan poster terbaik.

Pada tahun 2018 akan diselenggarakan konferensi ICAPAS yang membidik tema seni dalam abad informasi, yang mempersoalkan perkara informasi dari sudut pandang seni. Sampai jumpa di ICAPAS 2018.

 

Comments are closed.

© 2015 Pascasarjana ISI Yogyakarta

Facebook