Tata Kelola Seni

*) Download Formulir Pendaftaran S2 Tata Kelola Seni 2016>>

Program studi magister tata kelola seni adalah satu-satunya program studi yang secara khusus didirikan oleh Institut Seni Indonesia Yogyakarta untuk mengantisipasi kebutuhan pengelolaan seni. Dalam kenyataan ada kebutuhan untuk menangani aset seni budaya di Tanah Air, terlebih saat Indonesia makin dalam tertanam dalam arus pertukaran dunia.

Selain itu, peluang bagi tenaga profesional bidang pengelolaan seni masih terbuka luas. Mengingat bahwa asas-asas tata kelola ada dalam seluruh sendi kehidupan seni budaya, maka sangat besar kesempatan untuk mulai menjelajah pengelolaan seni budaya bangsa yang memiliki ciri khas Indonesia.

Program studi magister tata kelola seni ISI Yogyakarta mencakup tiga bidang yaitu, tata kelola seni pertunjukan, seni rupa, dan pariwisata. Ketiga bidang ini sangat dibutuhkan terkait kemampuan anak bangsa mengelola potensi seni budaya lokal dengan wawasan nasional untuk siap berkompetisi secara internasional.

Pada tahun ajaran 2015/2016, telah diterima mahasiswa prodi MTS angkatan kelima. Dengan nisbah dosen-mahasiswa yang baik, serta didukung oleh prasarana yang terus ditingkatkan, diharapkan lulusan prodi MTS dapat terserap lapangan kerja dan, dengan demikian, akan menjadi jaringan kerja pengelola seni di seluruh nusantara.

Akhir kata, kami dari pengelola pascasarjana mengucapkan selamat atas bergabungnya mahasiswa prodi MTS angkatan kelima, semoga dalam proses selanjutnya kerja sama dan proses belajar-mengajar berjalan dengan baik.

biaya s2 15

KALENDER AKADEMIK >>

KURIKULUM

kurikulum mts 15

DESKRIPSI MATA KULIAH

Manajemen Pemasaran

Mahasiswa akan belajar langkah-langkah pemasaran, mulai dari merancang konsep bauran pemasaran (marketing mix), penetapan harga, promosi, sampai dengan distribusi produk. Produk di sini bisa mencakup benda, gagasan, hingga layanan. Di sini mahasiswa juga perlu mendapat wawasan pemasaran di organisasi nirlaba. Mahasiswa secara berkelompok menyusun rencana pemasaran di organisasi laba atau nirlaba.­­

Aspek Hukum dan Etika Bisnis

Mata kuliah ini membahas kegiatan usaha, apakah ia baik/buruk dan apakah ia sah/melanggar hukum. Melalui kasus-kasus, mahasiswa belajar memahami bahwa perusahaan dan organisasi dapat berdampak baik dan buruk bagi masyarakat dan dapat melanggar hukum. Dari sisi dalam organisasi, akan dibahas apakah pertimbangan baik/buruk dan sah/melanggar akan berdampak pada kemajuan atau kemunduran usaha dan pada kegiatan sehari-hari organisasi. Dari sisi luar, mahasiswa akan mengenal hukum perjanjian, perijinan, pajak, HAKI, ketenagakerjaan, dan cara penyelesaian sengketa hukum.

Seni dan Komunitas

Mahasiswa akan belajar tentang kekuatan organisasi seni nusantara yang bertumpu pada komunitas. Karakteristik komunitas, kegiatan, dan ketahanan mereka menghadapi masalah akan dipelajari melalui kasus-kasus. Pemahamahan sosiologis terhadap komunitas mencakup struktur sosial masyarakat dan letak seni di dalamnya. Pemahaman antropologis mencakup bagaimana tradisi menyimpan khasanah seni, mengajarkannya pada seniman baru, dan komunitas memakainya dalam ‘ritual’.

Seni dan Warisan Budaya

Mata kuliah ini memberi wawasan mengenai seni sebagai wahana nilai-nilai tradisi masyarakat nusantara. Mahasiswa akan belajar nilai-nilai yang mendasari kehidupan masyarakat Indonesia, namun secara kritis dan mampu berjarak dengan orang banyak. Di dalam tata kelola seni, nilai-nilai ini tercermin dalam nilai-nilai dasar organisasi seni.

Metode Penelitian

Metode penelitian berisi dua pendekatan, kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif mencakup dasar-dasar positivisme, perancangan survei, pencuplikan data, dan analisis statistika deskriptif. Pendekatan kualitatif mencakup dasar-dasar konstruktivisme, perancangan studi kasus, pencuplikan data, dan analisis kualitatif. Di akhir mata kuliah mahasiswa secara berkelompok mampu menyusun rancangan, melakukan penelitian, dan membuat laporan.

Manajemen strategi

Dalam mata kuliah ini mahasiswa belajar menganalisis kondisi di dalam organisasi dan di luar organisasi. Tujuannya adalah merancang strategi organisasi, melaksanakan, dan mengevaluasinya. Pemahaman manajemen yang telah didapat di mata kuliah sebelumnya dipakai untuk memahami ‘gambar besar’ di luar organisasi dan bagaimana organisasi menempatkan diri di dalamnya untuk mencapai keunggulan. Organisasi di sini bisa mencakup organisasi laba maupun nirlaba.

Kewirausahaan

Dalam mata kuliah ini mahasiswa belajar dari kasus-kasus nyata tentang kreativitas dan inovasi dalam mengelola organisasi laba dan nirlaba di bidang kesenian.

Psikologi Industri dan Organisasi

Mata kuliah ini mempelajari perilaku orang dalam lingkungan industri dan organisasi. Di dalamnya mahasiwa menganalisis motivasi orang bekerja, proses kepribadian, dan stres emosi saat bekerja. Kerja tim dan pembagian kewenangan juga mendapat perhatian dalam perkuliahan. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar gaya-gaya kepemimpinan dan efektivitasnya.

Sebagai tambahan, mahasiswa akan belajar proses manajemen sumber daya manusia sebagai upaya untuk mendapatkan personil dalam organisasi yang memiliki kompetensi dan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dan tuntutan perubahan yang dihadapi oleh organisasi.

Seni Budaya Kontemporer

Di dalam mata kuliah ini seni budaya diletakkan dalam konteks yang lebih luas dan melihatnya secara lebih mutakhir. Konteks luas seni dan budaya adalah industrialisasi, yang mengubah tatanan, nilai-nilai, dan perilaku. Konteks kedua adalah perpindahan manusia dan informasi yang lebih luas dan sering sehingga keragaman tak terelakkan, meskipun sering tak tertampung nilai-nilai dan tatanan lama. Implikasinya terhadap isu khusus seni dan pariwisata bisa ditinjau dalam sistem galeri dan lelang, pertunjukan popular, dan industri turisme.

Pengelolaan Wisata Budaya

Mata kuliah interdisiplin ini dirancang untuk memberikan pemahaman tentang berbagai konsep, metode, dan teknik pengembangan budaya dan pariwisata di tingkat global, regional, dan nasional. Mahasiswa diharapkan mampu menyusun “perencanaan strategis” suatu proyek pengembangan budaya dan pariwisata berbasis data kuantitatif dan kualitatif.

Pengelolaan Pertunjukan

Mahasiswa akan memahami proses produksi seni pertunjukan (tari dan musik) dan aspek-aspek manajemen lembaga, seperti pendanaan, relasi dengan pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lain.

Pengelolaan Galeri dan Museum

Mata kuliah ini memberikan pemahaman konseptual tentang manajemen seni rupa, meliputi peran dan tanggung jawab kurator dalam penyelenggaraan aktivitas peristiwa seni rupa di ruang publik, termasuk aktivitas di museum dan galeri. Dalam mata kuliah ini dikaji berbagai aspek kepakaran dalam bidang seni visual untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam pelaksanaan tugas kurator dan proses kuratorial pada museum dan galeri di tingkta nasional dan internasional.

Perancangan Program Seni-Budaya

Mata kuliah ini secara khusus memberikan pemahaman dan latihan merancang program pameran seni rupa, pertunjukan, magang, maupun festival budaya. Penyusunan program mencakup kurasi, perancangan bentuk kegiatan, pendanaan, logistik, publikasi dan pemasaran, sampai dengan pelaksanaan. Di akhir perkuliahan mahasiswa secara berkelompok bisa menyusun rancangan acara dalam kurun waktu satu semester.

Pengelolaan Lingkungan

Mahasiswa akan belajar pemahaman dasar tentang lingkungan alam, mencakup tubuh manusia, makhluk hidup, dan bumi melalui pengamatan langsung. Wawasan tentang ketertanaman manusia dalam lingkungannya ini akan dipakai untuk menerangi persoalan-persoalan tata kelola tempat, arsitektur, dan pertunjukan, galeri, museum, dan tempat wisata dan menemukan jawaban-jawaban yang peka dan ramah lingkungan. Secara berkelompok mahasiswa bekerja untuk menyusun usulan perubahan yang konkrit.

TENAGA PENGAJAR

  1. Prof. Dr. Djohan
  2. Prof. Dr. MG Endang S.
  3. Prof. Dr. Shellyana Junaedi
  4. Prof. Dr. Soeprapto Soedjono
  5. Handono Eko Prabowo, PhD.
  6. Kurniawan Adi Saputro, PhD.
  7. Sal Murgiyanto, PhD.
  8. Eko Prawoto, M. Arch.
  9. Suwarno Wisetrotomo, M. Hum.
  10. Yohana Ari Ratnaningtyas, M.Si.
  11. Halim HD
  12. Jeannie Park

PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PERATURAN AKADEMIK

A.  Pembimbingan Akademik

Setiap mahasiswa untuk kelancaran studinya mendapat bimbingan dari seorang pembimbing akademik (PA) yang ditunjuk oleh Direktur PPs ISI Yogyakarta. Tugas PA adalah membimbing kegiatan akademik mahasiswa, antara lain memilih mata kuliah pilihan, mengisi KRS, dan membantu membahas topik Tugas Akhir. Pembimbing Akademik bagi mahasiswa magister tata kelola seni adalah Kurniawan Adi Saputro, PhD.

B.  Perkuliahan

  1. Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS)

Pengisian KRS diadakan sesuai dengan waktu terjadwal atau paling lambat satu minggu sebelum kuliah setiap semester dimulai, kecuali mahasiswa semester I. Setiap mahasiswa dapat mengikuti kuliah apabila telah mengisi KRS yang disetujui oleh dosen pembimbing akademik dan diserahkan ke bagian akademik.

  1. Daftar Hadir Kuliah

Mahasiswa dan dosen wajib menandatangani daftar hadir setiap pertemuan yang diselenggarakan setiap minggu. Daftar hadir disiapkan Petugas sub-bagian dikmawa PPs ISI Yogyakarta di kantor bagian akademik. Dosen mengambil daftar hadir dan sesudah perkuliahan selesai dosen wajib menyerahkan kembali. Daftar hadir dijadikan dasar untuk menentukan seorang mahasiswa bisa mengikuti ujian akhir semester. Mahasiswa dapat mengikuti ujian akhir semester, apabila telah mengikuti minimal 90% dari kuliah yang diberikan.

C.  Daftar Nilai Kolektif dan Daftar Nilai Kemajuan Studi

Daftar Nilai Kolektif (DNK) berisi daftar nama mahasiswa dan nilai ujian per semester setiap mata kuliah diserahkan ke subbagian dikmawa. Tenggat pengumpulan DNK mengikuti kalender akademik.

DNK ditandatangani dosen pengampu dan diketahui oleh asisten direktur I. Daftar nilai kemajuan studi (DNKS) disusun berdasarkan DNK setiap semester, sebagai surat keterangan untuk mengetahui kemajuan studi mahasiswa, ditandatangani oleh asisten direktur I. DNKS setara transkrip akademik sementara, serta sebagai lampiran persyaratan mengikuti ujian akhir.

Transkrip akademik adalah daftar seluruh mata kuliah yang pernah ditempuh dan nilai yang diperoleh mahasiswa, dilengkapi keterangan tentang satuan kredit semester kumulatif dan indeks prestasi kumulatif, yang pada hakekatnya menunjukkan bahwa ia telah memenuhi syarat dalam memperoleh gelar magister. Transkrip akademik memuat identitas singkat mahasiswa, judul tesis, pembimbing, serta predikat kelulusan, ditandatangani oleh Direktur PPs ISI Yogyakarta dan diberikan setelah mahasiswa diwisuda.

D.  Beban dan Batas Studi

Beban studi atau jumlah kredit pendidikan program magister tata kelola seni PPs. ISI Yogyakarta adalah 72 SKS, yakni menyelesaikan mata kuliah wajib sebanyak 27 SKS, mata kuliah pilihan sebanyak 5 SKS, proposal 5 SKS, seminar 5 SKS, jurnal 10 SKS, dan tugas akhir/tesis sebanyak 20 SKS. Seluruhnya dapat ditempuh dalam 4-8 semester. Semua persyaratan untuk menyelesaikan pendidikan program magister hingga memperoleh gelar magister manajemen seni harus diselesaikan dalam waktu paling lama 8 (delapan) semester atau 4 tahun, atau 10 (sepuluh) semester dengan 2x cuti kuliah.

E.  Status Mahasiswa dan Pengambilan Cuti Kuliah

Ada dua macam status mahasiswa, yakni aktif dan nonaktif.

  1. Mahasiswa Aktif

Untuk disebut sebagai mahasiswa aktif, mahasiswa wajib membayar SPP penuh, memiliki Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Mahasiswa aktif berhak mengikuti kegiatan akademik, serta diperbolehkan menggunakan fasilitas pendukungnya.

  1. Mahasiswa Nonaktif (cuti)

Mahasiswa yang cuti harus mendapat persetujuan dosen pembimbing akademik, membayar 10% dari uang SPP, tidak mendapat KTM, dan tidak berhak mengikuti kegiatan akademik dan menggunakan fasilitas-fasilitas yang tersedia. Mahasiswa yang mengulang ujian tugas akhir tidak berhak mengajukan cuti. Masa cuti kuliah maksimal 2 (dua) semester, dan tidak diperhitungkan dalam masa studi.

Permohonan izin cuti kuliah dapat diajukan apabila mahasiswa:

  1. Telah mengikuti kuliah selama dua semester, atau
  2. Telah lulus minimal 30 (tiga puluh) SKS

 

Kemangkiran

Mahasiswa yang tidak mendaftarkan diri tanpa keterangan selama 30 (tiga puluh) hari kalender sejak hari terakhir pendaftaran akan dianggap mangkir. Mahasiswa yang mangkir akan dianggap mengundurkan diri dan dihapus dari daftar mahasiswa pascasarjana ISI Yogyakarta.

F.  Penyelenggaraan Ujian

Ujian akhir semester adalah penilaian atas prestasi mahasiswa, seberapa jauh mereka memahami dan menguasai bahan yang telah diberikan dalam setiap mata kuliah selama satu semester. Ujian mata kuliah teori dapat diselenggarakan dalam berbagai bentuk dan cara, yaitu bisa tertulis atau lisan, seminar, membuat karya tulis, dan kombinasi dari berbagai bentuk tersebut.

Bobot penilaian ujian sesuai dengan silabus.

Apabila terdapat mahasiswa yang belum lulus dalam 1 (satu) mata kuliah (nilai ≤ B-), maka mahasiswa dapat diberi kesempatan untuk memperbaikinya dalam semester yang sama. Hasil ujian perbaikan maksimal B. Tidak ada perbaikan untuk mata kuliah yang telah dinyatakan lulus.

G.  Sistem Penilaian

Penilaian dinyatakan dengan huruf A, B, C, D, dan E dengan tambahan + (plus) dan – (minus) serta nilai tengah (BA atau CB) sebagai nilai final. Masing-masing nilai huruf itu memiliki bobot angka (harkat numeric/mutu): 4, 3, 2, 1, dan 0 serta untuk menandai tingkat kemampuan akademik mahasiswa, yakni:

A = istimewa/terbaik,

B = baik,

C = cukup,

D = kurang, dan

E = gagal.

Nilai K = kosong, berarti mahasiswa mengundurkan diri/membatalkan secara sah mata kuliah yang diambil. SKS tidak diperhitungkan sebagai pembagi di semester berikutnya.

Dalam ujian tengah semester atau ujian akhir semester dan tugas lainnya, untuk menunjukkan tingkat kemampuan mahasiswa di kelas para dosen juga diminta memberikan nilai angka/bukan nilai akhir. Pada akhirnya nilai angka tersebut akan dikonversikan ke dalam nilai huruf dengan rincian gradasi seperti tertera di bawah ini

bobot nilai

 

 

H.  Tugas Akhir

Tugas akhir atau disingkat TA adalah mata kuliah terakhir untuk mengakhiri studi jenjang S2 program studi magister tata kelola seni di PPs. ISI Yogyakarta yaitu berupa tesis yang berbobot kredit 20 SKS.

  1. Topik proposal, Proposal, dan Tugas Akhir (TA)

Di akhir semester 2 (dua) mahasiswa mengajukan naskah topik proposal setebal 2-3 halaman berisi penjabaran topik dan pertanyaan penelitian. Nama calon pembimbing diajukan dalam lembar terpisah. Berdasarkan naskah ini, pengelola akan menunjuk pembimbing proposal TA untuk masing-masing mahasiswa.

Proposal TA yang dikembangkan dengan bimbingan dosen diajukan pada semester 3 dan diuji pada semester 3. Proposal yang diuji harus sudah disampaikan dalam seminar yang dipimpin oleh pembimbing TA dan terbuka untuk mahasiswa. Proposal TA berisi Bab I (pendahuluan), Bab II (kajian pustaka), dan Bab III (metodologi).

Perihal penyusunan proposal, pelaksanaan pembimbingan, penyusunan tesis atau pertanggungjawabannya, hingga ujian tugas akhir dan pedoman penulisan artikel/publikasi ilmiah disajikan lebih rinci dalam buku pedoman penulisan TA.

Mahasiswa yang tidak lulus ujian proposal TA maupun ujian TA diberi kesempatan untuk mengikuti ujian lagi pada semester yang sama dengan menanggung biaya ujian.

  1. Persyaratan Mendaftar Sidang Proposal Tugas Akhir
  • Terdaftar sebagai mahasiswa aktif
  • Telah menempuh dan lulus mata kuliah wajib dan pilihan sekurang-kurangnya 30 SKS dengan IPK 3,0 dan nilai paling rendah B.
  • Mengisi formulir pengajuan proposal tugas akhir yang ditandatangani dosen pembimbing akademik.
  • Mengajukan naskah proposal tugas akhir yang digandakan 4 (empat) eksemplar.
  1. Persyaratan Mendaftar Ujian Tugas Akhir
  • Terdaftar sebagai mahasiswa aktif dan bebas administrasi & keuangan.
  • Telah menempuh dan lulus semua mata kuliah wajib dan pilihan, 32 SKS dengan IPK ≥ 3,0 dan nilai paling rendah B. Ini dibuktikan dengan DNKS (Dafar Nilai Kemajuan Studi).
  • Sertifikat asli ujian TOEFL yang dikeluarkan oleh pusat bahasa ISI Yogyakarta atau lembaga lain dengan nilai minimal 450.
  • Dosen pembimbing tesis menyetujui naskah yang akan diujikan. Persetujuan dinyatakan dengan menandatangani Surat Persetujuan Untuk Mengikuti Ujian Tugas Akhir. Surat Persetujuan ini dimasukkan menjadi satu dalam naskah yang diuji.
  • Lembar bimbingan/konsultasi Tugas Akhir yang telah diisi dan ditandatangani dosen pembimbing.
  • Naskah tugas akhir yang digandakan 4 (empat) eksemplar
  • Naskah yang telah diterbitkan di jurnal, atau surat keterangan akan diterbitkan di jurnal.
  • Mendapat Surat Keterangan Pendaftaran Ujian Tugas Akhir yang dikeluarkan dan ditandatangani oleh Kepala Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan.

I.  Evaluasi Keberhasilan Studi dan Pemutusan Studi

Evaluasi pertama dilakukan pada akhir semester ke-2, dengan kriteria bahwa mahasiswa telah lulus minimal 15 SKS dengan IPK minimal 3,00. Apabila tidak mampu memenuhi kriteria tersebut, mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan tidak mampu mengikuti program studi magister tata kelola seni PPs ISI Yogyakarta dan dikenai sanksi pemutusan studi.

Evaluasi kedua (evaluasi akhir) dilakukan pada akhir semester ke-6 aktif dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Sudah lulus semua mata kuliah wajib dan pilihan
  2. Sudah lulus sidang proposal tugas akhir

Apabila tidak dapat memenuhi kriteria evaluasi pertama atau kedua/terakhir sesuai batas waktu studinya ia dipandang tidak mampu mengikuti pendidikan PPs ISI Yogyakarta dan dapat dikenai sanksi pemutusan studi.

J.  Predikat Kelulusan

Dengan pujian (cum laude): IPK ≥ 3,75, masa studi tidak lebih dari 3,5 semester, dan nilai tugas akhir dengan nilai A

  1. Sangat memuaskan: IPK 3,41–3,74
  2. Memuaskan: IPK 3,00–3,40

K.  Wisuda

Setiap lulusan program PPs ISI Yogyakarta hanya diberi kesempatan satu kali mengikuti wisuda pada periode kelulusan. Apabila tidak mengikuti wisuda, ia tetap diwajibkan membayar uang wisuda dan namanya dicantumkan dalam buku wisuda.

Pelaksanaan wisuda (waktu dan tempat) bagi calon lulusan magister tata kelola seni ISI Yogyakarta dilakukan di kampus terpadu ISI Yogyakarta, menjadi satu dengan wisuda bagi calon lulusan sarjana S1.

Wisuda diselenggarakan dua kali pertahun, yaitu pada bulan Maret dan bulan September. Persyaratan dan ketentuan berkaitan dengan wisuda diatur dalam ketentuan tersendiri.

L.  Penjiplakan

Penjiplakan adalah pengambilan ide/tulisan orang lain menjadi milik sendiri. Penjiplakan termasuk pelanggaran berat di dunia akademis karena penjiplakan membuat kebenaran dan pemeriksaan terhadap kebenaran menjadi sulit atau mustahil. Bila didapati menjiplak, mahasiswa yang melakukan pelanggaran ini dapat dikenai sanksi berbentuk: tidak lulus mata kuliah, tidak lulus ujian tesis, atau dikeluarkan dari pascasarjana ISI Yogyakarta.

BAGAN ALUR KRS

  1. Melakukan pembayaran SPP melalui transfer ke bank BNI 46 no. Rek 0382275684 atas nama BPN 030 ISI Yogyakarta, kantor layanan Parangtritis.
  2. Menyerahkan bukti bayar SPP ke subbagian dikmawa PPs ISI Yogyakarta dengan cara:
  • Menyerahkan langsung di loket subbagian dikmawa PPs ISI Yogyakarta
  • Mengirimkan lewat fax: 0274-41979 dengan u.p. subbagian dikmawa PPs ISI Yogyakarta
  • Mengirimkan bukti bayar/transfer melalui e-mail ke alamat isi pps_isiyk@yahoo.com dengan subyek e-mail

[BUKTI_BAYAR_SPP_SEMESTER_TAHUN AJARAN] NAMA

  1. Melakukan bimbingan pengambilan KRS dengan menemui langsung Pembimbing Akademik di PPs ISI Yogyakarta
  • Upcoming Events

    • Ujian Proposal Tugas Akhir

      16 January 2017
      27 January 2017
      07.30 - 16.00

      PENGUMUMAN UJIAN PROPOSAL TUGAS AKHIR S2 SEMESTER GASAL 2016/2017

    • Promosi Doktor Sdr Drs. I Wayan Suardana, M.Sn.

      25 January 2017
      25 January 2017
      09.30 - 12.00

      Tempat            : Concert Hall PPs ISI Yogyakarta Jalan Suryodiningratan No. 8, Yogyakarta Judul                : Fenomena Judi Tajen Dalam Karya Kriya Promotor         : Prof....   Read More

    • Promosi Doktor Sdr. Surasak Jamnongsarn (Thailand)

      26 January 2017
      26 January 2017
      09.30 - 12.00

      Tempat            : Concert Hall PPs ISI Yogyakarta Jalan Suryodiningratan No. 8, Yogyakarta Judul                : Transkulturasi Gamelan Jawa dan Angklung Dalam Perkembangan  Musik Istana...   Read More

© 2015 Pascasarjana ISI Yogyakarta

Facebook